Kerajinan Dari Kertas Bekas

Seperti yang lalu, di bagian yang ini kita bakalan bahas bikin kerajinan tangan dari hasil daur ulang…Tapi buat yang sekarang kita bakalan lebih spesifik ke daur ulang kertas…

Hmm…Emangnya kenapa kOq daur ulang kertas..???

Nah…Seperti yang kalian tahu, selain plastik kita juga menggunakan kertas dalam jumlah yang besar. Gak usah jauh-jauh.. Klo kita lagi belajar di skul,  pasti kita nulis-nulis catetan atOw latian di buku..Isi buku khan dari kertas…

Klo buku dah abiz pasti ditelantarin gitu aja…Xo, pasti banyak kertas yang kebuang sia-sia. Terus koran-koran bekas juga bisa di daur ulang khan kertasnya…Daripada di rombeng, mendingan kalian utak-atik bentar aja dah bisa jadi barang baru yang bermanfaat…

Asal kalian tahu aja ya…^^Anggota Dulink dah praktek bikin daur ulang kertas…Jadi disini kita ga cuma ngomong aja tapi kita dah buktiin klO kertas-kertas itu memang bisa di daur ulang n jadi barang yang bermanfaat…

MangE kertas bisa di daur ulang jadi apa aja sich….???

Banyak banget…ContohE ae kayak brosur-brosur…Khan biasanya kita buang-buang nE…Eits, mulai sekarang kalian jangan maen buang thu brosur…Coz, brosur itu bisa kita lipet-lipet sesuai ketentuan terus kita rangkai jadi vas bunga atOw pun burung angsa…

Klo koran-koran jangan di rombeng dulu…Koran thu bisa kita lipet terus di bikin jadi miniatur becak, sepeda, gerobak, de-el-el…Jadi buang jauh-jauh dech pikiran ngerombeng koran…=p

Nah, klO yang ini niE kita bisa gunain semua jenis kertas… Jadi pertama-tama kita harus jadiin semua kertas-kertas yang udah disiapin jadi bubur kertas…Caranya masukin kertas kedalam air terus ancurin dech thProses Pengerjaanu kertas sampe halus…

Klo ga mau repot-repot kalian bisa gunain blender…Caranya masukin koran-koran yang udah disobek-sobek n sedikit air ke dalem blender terus ya dinyalain dech thu blendernya…

Klo udah nyiapin bubur kertas, sekarang kita bikin lem kanji (tapi jangan tralu kentel nti ga bisa dipake…) Klo semua bahan dah ada, taruh bubur koran ama lem kanji di dalem baskom…Teruz aduk semuanya sampe rata.

Klo dah rata tinggal kamu bentuk dech sesuai yang kamu pinginin…Kamu bisa cetak pake cetakan jelly atOw pun cetakan kue kering…Tapi ga nutup kemungkinan buat kamu bentuk sendiri, lhOoW…

Dari bubur kertas ma campuran kanjinya kamu bisa buat gantungan kunci, tempat kartu nama, gantungan HP, magnet kulkas, de-el-el…Kamu juga bisa bikin patung-patung kayak boneka salju n segala sesuatu yang cutE…=)

Tapi jangan lupa…Porsi bubur kertas ma kanji harus seimbang, lhOoW…Klo kebanyakan bubur kertas nti bisa lama keringE…Terus dah lama keringE, nti juga jadiE ga seberapa kuat…

Jangan juga kebanyakan kanji… Nti jadiHasil Kerajinan susah dibentuk gara-gara tralu lembek…Xo, kalian harus pinter-pinter ngatur porsi yang ada…

Sekarang kalian tahu khan kalau kertas bekas thu banyak manfaatnya…Xo, mulai dari sekarang ga bakalan nelantarin kertas-kertas bekas lagi khan…??? Daripada menuh-menuhin tong sampah, mendingan   di buat jadi barang yang lebih berguna dech…

Lagipula klO kalian bikin kerajinan tangan, kalian bisa skalian isi waktu… Dah dapet barang-barang unik terus waktu ga kebuang sia-sia pula…Ga cuma thu, klO kita bikin kerajinan tangan, kreativitas kita bisa di uji thu…

Wah…banyak banget ya keuntungan yang kita dapet dari mendaur ulang barang-barang bekas…Xo, tunggu apa lagi…??? Ga da ruginya khan ngurangin sampah kertas di lingkungan kita…???

Meskipun klO dipikir-pikir sampah kertas yang bakalan kita olah ga ada apa-apanya dibandingnO sampah yang kita buang sehari-hari, tapi kita khan seenggaknya dah berusaha…Mungkin bagi orang thu kerjaan ga penting…Tapi kita pasti dapet kepuasan tersendiri dari hasil kerja kita…Selamet nyoba….^^

8 Responses so far »

  1. 1

    Ayub Sani Ibrahim said,

    halo salam kenal …

    eh…boleh minta contoh-contoh kerajinan dari sampah? tapi kalau bisa dengan teknik pembuatannya donk biar aku bisa buat dirumah

    makasih

  2. 3

    Arius said,

    Salam kenal…
    Perbandingan bubur kertas & kanjinya brp yah..?
    Trs utk pewarnaannya, cat jenis apa yg dipake..?
    Tq

    • 4

      dulingsanmar said,

      Buat perbandingan…..
      kira² 4:1, intinya kanji nggak boleh terlalu banyak karena bisa bikin adonan terlalu keras atau kanji terlalu sedikit sehingga adonan menjadi susah kering.

      Untuk pewarna bebas. Tapi lebih baik mengunakan cat air.

  3. 5

    raihana_aisya said,

    Komposisi or takaran antara kertas sm lem kanji tu perbandingannya gmn? Kan hrs pas porsinya, ya cb sekalian jelasin dong gmn porsi yg pas ntu? segimana aja, dan ciri2nya gmn,, ok? bls ke emailku ya. thanx bgt.

    • 6

      dulingsanmar said,

      Disini aja balasnya, jadinya semua bisa lihat. Buat perbandingan jujur aja kita belum ad takaran yang pasti. Hanya saja harus dipastikan lebih banyak bubur kertas daripada lem kanji. Masukkan saja lem kanji sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi agak kental, setelah itu baru dicetak.

  4. 7

    oberla p w said,

    klu pkk pewarna alami,pewarna ny d campur m bubur kertas,atau gmn?


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: