Kearifan Lokal dalam Melawan Perubahan Iklim

Perubahan iklim sekarang ini jadi masalah urgent (masalah yang sekarang ini lagi gencar-gencarnya melanda negara-negara maju). Sebelum kita masuk ke topik yang lebih dalam, aku akan jelasin dulu ‘apa si itu perubahan iklim??’. Kalian juga agak bingung kan ‘kenapa perubahan iklim bisa membawa dampak yang besar bagi negara-negara maju?”.

Perubahan iklim adalah perubahan variabel (berubah-ubah) iklim ,khususnya suhu udara dan curah hujan yang terjadi secara berangsur-angsur dalam jangka waktu yang panjang (antara 50-100 tahun). Iklim bersifat cepat berubah, serta amat luas karena sistem atmosfer memiliki dinamika yang bersifat sangat global (menyeluruh).

Perubahan itu disebabkan oleh kegiatan manusia dan sudah membahayakan manusia serta pembangunan ekonomi,khususnya yang berkaitan dengan pemakaian bahan bakar fosil dan alih guna lahan. Kalau seperti yang disebabkan oleh faktor-faktor alami, itu bukan termasuk perubahan iklim global (seperti tambahan aerosol letusan gunung berapi,El-Nino dan La-Nina).

Kegiatan manusia yang dimaksud adalah kegiatan yang sudah menyebabkan peningkatan konsentrasi gas rumah kaca (GRK) di atmosfer (CO2,dll) karena sifatnya yang seperti kaca.

Perubahan iklim juga membawa dampak yang besar,yaitu:

  • gagal panen (puso) :menghantam petani Indonesia,karena musim yang tidak menentu. Akibatnya, banyak petani yang rugi karena gagal panen.
  • perubahan siklus musim di Indonesia :iklimnya jadi tidak teratur (tidak menentu). Musim hujan dan kemarau bergeser,sehinnga dapat mempengaruhi pertanian dan musim tanam.
  • Rob :naiknya air laut ke daratan. Akibatnya timbul banjir yang terjadi di mana-mana sekarang ini (seperti di Semarang,Surabaya,Jakarta,dll).
  • terjadi kekeringan yang berdampak pada para peternak, petani yang menyebabkan terjadinya kelaparan

Jadi,kalian  tau kan apa itu perubahan iklim dan dampak-dampaknya,. Maka dari itu, marilah kita dari sekarang menjaga SDA yang ada dan yang berlimpah di negara kita ini.Kita harus punya kearifan lokal diantaranya adalah selamatkan hutan-hutan kita, air, pohon, semak-semak, tanah, batu bahkan sampahpun bernilai. Itu semu diciptakan Tuhan untuk melengkapi hidup manusia dan menjadikan dunia indah. Oleh sebab itu berikan perhatian yang serius terhadap alam sekitar. Kita harus percaya dan menyakini bahwa pohon, tanah dan air akani memberikan manfaat bagi hidup kita, maka dari itu layaklah kalau air, tanah dan pohon layak diperlakukan seperti memperlakukan manusia. Pohon, air atau tanah bisa sakit kalau kita meneksplorasinya besar-besaran demi pemuasan nafsu kita.

Pelestarian pohon, air dan tanah tidak selalu harus disembah-sembah akan tetapi berilah kesempatan bagi mereka untuk tumbuh dan memberikan manfaat bagi manusia. Perilaku manusi modern sekarng ini cenderung merusak alam sekitar, lihat saja sungai dikotori, tanah dicemari dan pohon-pohon ditebang, dirusak atau bahkan ditancapi paku-paku untuk kepentingan sesaat. Disudut-sudut jalan bahkan bahkan banyak pohon ditancapi paku untuk memasang pamflet atau poster-poster caleg.

Ini sungguh mengerikan, kalau kita bisa mendengarkan jerit tangis pohon, air dan tanah tentunya betpa pilunya jeritan hatinya. Manusia harus mempunyai kepekaan atau kearifan untuk merawat lingkungan seperti merawat dirinya sendiri atau sanak saudaranya. Kearifan lokal akan menyelamatkan lingkungan sekitar, maka tumbuhkan rasa arif dan peka yang berbasis pada kebiasaan masyarakat yang sudah diwariskan oleh nenek moyang secara turun temurun. Jangan pernah berbangga hati bila jadi msyarkat modern akan tetapi perilakunya merusak alam sekitar.

SELAMATKAN NEGARA KITA DENGAN PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: