Rayap

Hmm.. Apa yang kalian pikirkan saat mendengar kata rayap? Pasti kalian menganggap kalau rayap itu serangga/hama pengganggu kan? Padahal rayap itu sebenarnya sangat berguna lho untuk menghancurkan benda-benda organik di permukaan tanah. Menurut para peneliti rayap, 95% dari 2.500 jenis rayap di bumi kita ini berguna untuk kelangsungan ekosistem. Sebenarnya untuk menghindari rayap, kita hanya perlu seminim mungkin menggunakan perabotan yang berasal dari kayu, tapi karena manusia menggemari kayu, maka rayap terus berdatangan untukmencari makanan mereka. Lebih parahnya lagiuntuk mempercepat proses memusnahkan rayap, manusia menyuntikkan pestisida ke dalam tanah yang nantinya juga akan menjadi racun bagi kita semua.
Nah cara pemusnahan rayap yang dianggap hama ini terkadang mengganggu ekosistem tanah atau mengganggu kesimbangan tanah. Banyaknya pestisida yang disuntikkan ke tanah akan mengurangi unsur hara yang ada di dalam tanah sehingga bisa merusak tanaman. Selain itu tanah menjadi tandus dan sulit ditumbuhi berbagai macam tanaman. Nah, bisa dilihat khan pembasmian rayap yang tidak bijak dapat merusak lingkungan hidup kita. Sebenarnya ada lagi cara untuk menghindari rayap tanpa harus merusak lingkungan yaitu mengusahakan agar peralatan kayu apa pun tetap berada dalam keadaan kering.
Sebenarnya rayap tidak hanya menjadi hama yang merugikan tetapi sebenartnya bermanfaat bagi kehidupan manusia. Sebagai gambaran adalah di beberapa belahan dunia serangga yang kita anggap hama ini sebenarnya di konsumsi (di makan). Misal Thailand, masyarakat di Thailand percaya bahwa rayap merupakan sumber makanan yang bergizi tinggi karena memiliki protein yang tinggi, energi, dan sejumlah vitamin dan mineral. Di Indonesia pun ada yang mengkonsumsi juga, namun hanya pada masyarakat tertentu dan jumlah yang tebatas.
Sebaiknya mulai sekarang kita mulai untuk lebih menghargai makhluk hudup di sekitar kita, apalagi mungkin suatu saat rayap ini bisa menjadi solusi untuk persoalan sampah di sekitar kita yang sedang marak akhir-akhir ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: