3R

Sekarang jaman sudah modern…
Begitu juga manusia yang lama – lama mulai berubah dari fisik, cara hidup, maupun pemikirannya. Tak ketinggalan kebutuhan manusia pun semakin tak terbatas. Oleh karena kebutuhan yang tak terbatas itu sampah yang dihasilkan manusia juga bertambah dari waktu ke waktu. Kita semua telah tau bagaimana tingginya pencemaran lingkungan akibat sampah. Oleh karena itu untuk mengurangi pencemaran lingkungan akibat sampah tersebut maka perlu dilakukan 3R.
Banyak dari kalian tentu banyak yang tidak tahu “Apa itu 3R”.
Kalian pasti bertanya – tanya dalam hati arti 3R.
3R itu adalah kegiatan meminimalkan pembuangan sampah atau mencoba mengurangi sampah. Seperti yang kita tahu bahwa dalam sebuah lingkungan akan terus terjadi pembangunan terutama di perkotaan sehingga menyebabkan terbatasnya lahan untuk TPA(Tempat Pembuangan Akhir). Berkurangya lahan untuk TPA menyebabkan berkurangya tempat khusus untuk menimbun semua sampah. TPA juga sebenarnya punya andil dalam mencemari lingkungan karena misalnya karena air lindi atau gas metan yang lepas ke udara.
Oleh karena hal – hal itulah perlu dilakukan kegiatan meminimalkan dan mengurangi sampah yaitu salah satunya dengan 3R.
3R merupakan singkatan dari Reuse, yaitu menggunakan langsung sampah tanpa diolah terlebih dahulu baik untuk fungsi yang sama ataupun digunakan untuk fungsi yang berbeda. Sedangkan Reduce adalah mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan timbulnya sampah. Dan terakhir Recycle yaitu, menggunakan kembali sampah setelah diolah terlebih dahulu.
Kegiatan 3R ini dapat dilakukan dengan cukup mudah baik di rumah ataupun sekolah.
Contoh bila di rumah :
– Kita dapat menggunakan kembali kaleng atau botol plastik bekas untuk tempat barang seperti alat tulis
– Cobalah membeli barang yang dapat digunakan berkali – kali, dapat didaur ulang, atau dapat diisi ulang (refill)
– Cobalah pisah sampah menjadi organik(yang dapat diolah kembali oleh alam seperti sisa makanan, dedaunan, dll), non-organik (sulit diuraikan oleh alam seperti plastik, kertas, kaca, logam, karet, kain, dll), dan B3 (Bahan beracun yang berbahaya, seperti baterai bekas, jarum refill tinta printer, dll)
– Kita juga dapat menggunakan air bekas untuk mencuci buah, sayur, beras, ataupun udang dan sejenisnya untuk meyiram tanaman.
Contoh bila di sekolah :
– Gunakan alat tulis yang ramah lingkungan seperti salah satu merek pensil kayu yang menggunakan kertas
– Usahakan mengurangi pemakaian kertas seperti dengan menggunakan komputer, apabila harus menggunakan kertas sebaiknya gunakan kedua sisinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: